Kenaikan Pangkat Istimewa dari Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Resmi Menyandang Pangkat Jenderal TNI Bintang Empat

JAKARTA, CAKRAWALA45.COM – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri Rapim TNI-Polri dan menerima pangkat secara istimewa dari Presiden Joko Widodo di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Jakarta, Rabu, 28 Februari 2024.

Kenaikan pangkat istemewa tersebut tertuang dalam Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan.

Atas penganugerahan tersebut, per hari ini Menhan Prabowo resmi menyandang pangkat jenderal TNI bintang empat.

Sebelumnya Menhan Prabowo Subianto telah menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Yudha Dharma Utama dari Presiden RI Joko Widodo pada bulan Januari 2022 setelah melalui proses pengusulan, verifikasi dan pertimbangan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Presiden Jokowi menyebut penganugerahan pangkat kepada Menhan Prabowo merupakan bentuk penghargaan sekaligus peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada rakyat, kepada bangsa, dan kepada negara. Selain itu didasarkan pada pengabdian dan kontribusi Menhan Prabowo di dunia militer dan pertahanan.

“Saya ucapkan selamat kepada Bapak Jenderal Prabowo Subianto,” ujar Presiden Jokowi kepada Menhan Prabowo saat membuka Rapim TNI-Polri.

Dalam arahan Presiden pada acara Rapim TNI-Polri yang mengusung tema “TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan Untuk Indonesia Maju” disampaikan bahwa tantangan yang dihadapi saat ini bukan hanya tantangan dari dalam negeri tetapi secara eksternal yang dapat berdampak terhadap ekonomi dan geopolitik negara Indonesia.

Selain itu, Presiden berpesan agar TNI-Polri harus dapat menguasai teknologi dengan baik. “Tingkatkan sinergitas vertikal dan horizontal. Harus menjadi bagian penting dalam pembangunan Indonesia ke depan dengan menghilangkan ego sektoral dan saling membantu dalam segala aspek demi terciptanya keamanan dan berdampak untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tegas Presiden.

Pada Rapim TNI-Polri, Panglima TNI turut menyampaikan harapannya pada Rapim TNI-Polri. “Rapim TNI-Polri ini semoga menjadikan momentum dan dapat terus mempererat sinergitas TNI-Polri dalam mengawal pembangunan Indonesia,” ungkap Panglima TNI.

Dalam sambutannya, Kapolri mengucapkan terima kasih kepada Presiden yang telah memberikan arahan direktif pada Rapim TNI-Polri Tahun 2024. “Kami bersama TNI siap mengawal keamanan dan pengamanan dalam pembangunan Indonesia,” kata Kapolri.

Dalam rangkaian Rapim TNI-Polri, Presiden turut menyaksikan penyerahan BAST Alpalhankam dari Menhan Prabowo kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Mohammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Di akhir acara, Menhan bersama Panglima TNI dan Kapolri terlihat menaiki kendaraan taktis untuk meninjau gelar Alpalhankam di halaman GOR Ahmad Yani.

Turut hadir dalam acara Rapim TNI-Polri diantaranya, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, dan Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra. (Biro Humas Setjen Kemhan)